2nd ESSAY CONTEST

Share

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

CTSS IPB Selenggarakan Essay Contest Tentang Pengetahuan Lokal

Center for Transdisciplinary and Sustainability Science (CTSS) IPB University kembali mengadakan essay contest tentang pengetahuan lokal. Essay contest kali ini mengangkat tema “Preserving and Strengthening Local/Traditional Knowledge for Community Resilience.”

Penyelenggaraan essay contest ini merupakan kerjasama antara CTSS dengan Sekolah Pascasarjana IPB University.

“Local knowledge yang dikembangkan di masyarakat saat ini adalah knowledge yang dikembangkan oleh institusi postmodern atau jaman pencerahan,” terang Prof Damayanti Buchori, Kepala CTSS IPB University.

Padahal, lanjut Prof Damayanti, sebetulnya masih terdapat jenis pengetahuan lain seperti local knowledge yang tidak dikembangkan oleh institusi baik balai penelitian maupun perguruan tinggi. Saat ini, dimana kehidupan sudah berubah dengan adanya perubahan iklim dan pandemi, diperlukan pengetahuan baru untuk memecahkan solusi kehidupan.

“Pengetahuan baru ini sebenarnya bisa diangkat dari pengetahuan lokal yang ada di masyarakat. Sehingga, tujuan dari essay contest ini adalah menggali, menemukan, mengawinkan pengetahuan lokal dengan pengetahuan modern untuk menghasilkan pengetahuan baru,” pungkas Prof Damayanti.

Essay contest ini diperuntukkan bagi mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana Indonesia baik yang berkuliah di dalam negeri maupun di luar negeri. Tidak hanya itu, mahasiswa asing yang sedang berkuliah di Indonesia juga diperbolehkan mengikuti kegiatan ini.

Penyelenggaraan essay contest ini berlansung dari 29 Desember 2020 dan akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2021. Informasi dan panduan lengkap essay contest dapat diunduh pada link ipb.link/essay 2021 atau mengunjungi website ctss.ipb.ac.id.

Noted:
Soft File Essay (Format Softfile: Name_Category Participants_ Title Essay_Topics)

 

Place and Date

Bogor, 07 Januari 2021

Registrasi

Panduan Essay

Important date

Registrasi dan Pengiriman karya 28 February 2021
Penilaian 1- 13 March 2021
Pengumuman pemenang 17 march 2021
Pembagian hadiah (Seluruh Peserta) 17 - 21 March 2021

Registration fee detail

-

Send Payment

-

For More Information

visit ctss.ipb.ac.id
E-mail: ctss@apps.ipb.a.id
Cp1:0821-2242-50-17

Detail Information

Topics

1. Pertanian
2. Perikanan dan Kelautan
3. Kehutanan
Termasuk aspek sosio-kultural dan lingkungan

Purposes

Local knowledge yang dikembangkan di masyarakat saat ini adalah knowledge yang dikembangkan oleh institusi postmodern atau jaman pencerahan. Padahal, sebetulnya masih terdapat jenis pengetahuan lain seperti local knowledge yang tidak dikembangkan oleh institusi baik balai penelitian maupun perguruan tinggi. Saat ini, dimana kehidupan sudah berubah dengan adanya perubahan iklim dan pandemi, diperlukan pengetahuan baru untuk memecahkan solusi kehidupan. Pengetahuan baru ini sebenarnya bisa diangkat dari pengetahuan lokal yang ada di masyarakat. Sebagaimana perkataan Albert Einsten, “We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them,” maka diperlukan solusi baru untuk merubah paradigma saat ini. Oleh karena itu, CTSS IPB University mengadakan Essay Contest dengan tema “Preserving and Strengthening Local Knowledge for Community Resilience.”
Kegiatan ini berusaha menggali, menemukan dan mengangkat pengetahuan lokal guna dikawinkan dengan pengetahuan modern untuk menghasilkan pengetahuan baru. Melalui kegiatan ini, diharapkan ditemukan pengetahuan baru yang dapat menjadi solusi terhadap krisis iklim, krisis pangan, kriris sosial dan ekonomi serta dapat menjadi solusi terhadap keberlanjutan kehidupan.

Keynote Speech

Invited speakers

List of committees