CTSS Bekerjasama dengan Pertamina Melakukan Kajian Biodiversity Action Plan dan Net-positive Impact

Biodiversitas memiliki peran penting dalam ekosistem alam. Keberadaan biodiversitas yang melimpah wajib dijaga supaya tidak punah.

Center for Transdisciplinary and Sustainability Sciences (CTSS) IPB University menjalin kerjasama dengan PT. Pertamina (Holding) dalam perumusan biodiversity action plant (BAP) dan net-positive impact (NPI). Kerjasama tersebut berlangsung dari Mei 2022 hingga 2023.

Ruang lingkup kerja sama antara CTSS dengan Pertamina meliputi pembuatan Pedoman terkait Biodiversity & Ecosystem Services Management Corporate. Pedoman tersebut disesuaikan dengan peraturan perundangan terbaru dan aturan penyusunan pedoman yang berlaku dari fungsi Quality Management Standardization (QMS) PT Pertamina (Holding). Dalam dokumen kontrak yang telah ditandatangani, kedua belah pihak juga sepakat untuk membuat studi kajian identifikasi Biodiversity Action Plan (BAP) di salah satu UO/AP Pertamina guna mendukung implementasi Pertamina Sustainability Focus (Protecting Biodiversity) dan ESG Rating di PT Pertamina (Holding).

Kedua belah pihak juga sepakat untuk membuat studi kajian Net-Positive Impact di salah satu UO/AP guna mendukung implementasi Pertamina Sustainability Focus (Protecting Biodiversity) dan ESG Rating di PT Pertamina (Holding) dan membuat database serta diseminasi hasil study, policy dan tool yang dibuat ke seluruh Sub Holding Pertamina.

Share

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *