6TH Graduate student monthly Sustainability seminar “UNIVERSAL BASIC INCOME IN INDONESIA: ITS POSSIBILITY AND IMPOSSIBILITY”

Basic income adalah area yang interdisiplin atau transdisiplin dan belum ada bidang ilmu yang membahas secara spesifik khususnya basic income terkait perubahan iklim, biodiversity loss, dan kemanusiaan.
CTSS-GSMSs 2

Center for Transdisciplinary and Sustainability Science, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (CTSS LPPM) IPB University kembali menyelenggarakan Graduate Student Monthly Sustainability Seminar (GSMSs) yang diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana di Indonesia (21/7). Kali ini, tema yang dibahas adalah “Universal Basic Income di Indonesia: Ketidakmungkinan dan Kemungkinannya” dengan menghadirkan Sonny Mumbunan, PhD (Research Associate at Research Center for Climate Change/RCCC Universitas Indonesia).

CTSS_6th_GSMS_01

Kepala CTSS LPPM IPB University, Prof Dr Damayanti Buchori menerangkan, awalnya, kegiatan GSMSs adalah wadah diskusi bagi mahasiswa pascasarjana di IPB University, namun dengan kondisi pandemi yang saat ini terjadi, diskusi dibuka untuk mahasiswa pascasarjana di Indonesia dan untuk umum.

“Tetapi memang temanya lebih diarahkan untuk membangun wawasan bagi mahasiswa, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dapat terlibat dalam pemahaman-pemahaman dalam hal terkait sustainability science,” papar dosen IPB University dari Departemen Proteksi Tanaman ini.

CTSS_6th_GSMS_02

Dalam paparannya, Sonny Mumbunan menjelaskan basic income adalah suatu pembayaran tunai berkala yang diberikan tanpa syarat kepada semua dan setiap orang baik itu syarat kelayakan pendapatan ataupun syarat kerja. “Dari definisi basic income tersebut, terdapat beberapa karakter dari basic income itu, yaitu diberikan secara berkala dengan interval regular seperti setiap bulan, diberikan secara tunai, diberikan untuk individu dan setiap orang, diberikan kepada semua orang tanpa syarat apapun,” jelasnya.

Basic income, lanjutnya, adalah area yang interdisiplin atau transdisiplin dan belum ada bidang ilmu yang membahas secara spesifik khususnya basic income terkait perubahan iklim, biodiversity loss, dan kemanusiaan. Di Indonesia sendiri, berkembang berbagai nama untuk basic income, seperti penghasilan asasi universal, penghasilan dasar universal, jaminan penghasilan semesta, jaminan pendapatan dasar, dan dividen tanah Papua/Forest Carbon Dividend.[RA]

Materi Presentasi: Unduh Disini
Youtube Live : Klik Disini

Share

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *